Selasa, 06 Maret 2018

Pilih Tabungan BRI Atau BNI? Coba baca ini dulu..

Halo sobat pembaca, mungkin kalian sekarang sedang resah dan bingung untuk memilih tabungan BRI atau tabungan BNI. Oke, saya akan mencoba untuk memberi jawaban, mungkin dapat sedikit membantu.

Meski pun pada dasarnya antara Bank BRI dan juga Bank BNI merupakan sama-sama bank milih pemerintah republik Indonesia, tapi sebagai perusahaan yang berbeda, mereka tentu punya ciri khasnya masing-masing.

Apakah perbedaan mendasar dari 2 bank BUMN ini? Saya akan mencoba menjawabnya. Karena kebetulan saya pernah bekerja di salah satu bank tersebut. Dan saya yakin, kalau sebenarnya mereka itu sama saja. Langsung ke poinnya:

PERBEDAAN BANK BRI DAN BANK BNI SECARA UMUM:


Bank BRI:
Meski BRI memiliki usia yang lebih tua dari BNI , namun BRI oleh pemerintah RI lebih ditargetkan untuk menyasar kalangan pengusaha di sektor mikro.Pasti kalian pernah dengar istilah KUR kan? yaitu kredit usaha rakyat. Jadi, BRI lebih ditujukan kalangan menengah ke bawah. Jaringan kantor dan ATMnya pun sudah menyebar sampai dengan ke pelosok tanah air.

Bank BNI:
Sedangkan bank BNI, meskipun lebih muda, tapi saya lihat perusahaan plat merah ini lebih ditujukan untuk sektor konsumsi. Maksudnya, bank ini lebih ditargetkan untuk menyasar kelas menengah ke atas, yang biasanya tinggal di kalangan perkotaan. Maka tak heran, kantor cabangnya pun paling hanya berada di kota-kota besar saja. Tidak seperti BRI yang sampai menjangkau pelosok tanah air.


Kesimpulan:
Untuk dari segi fitur tabungan yang dimiliki, boleh dibilang kedua bank ini memiliki fungsi dan layanan yang sama. Untuk biaya jasa perbankan yang dikenakan kepada para nasabahnya juga tidak memiliki perbedaan yang terlalu besar.

Hanya saja, saya sarankan jika kamu orangnya lebih suka bepergian keluar kota, atau kamu seorang pebisnis yang mempunyai rekan bisnis di seluruh pelosok tanah air, maka Bank BRI lebih saya rekomendasikan.

Dengan adanya ribuan kantor cabang yang tersebar, kamu pun dapat lebih flexible untuk melakukan transaksi finansial. Kamu tak perlu takut kalau kekurangan mesin ATM ketika kamu butuh uang, karena mesin ATMnya sudah tersebar.

Sedangkan, jika kamu sekarang tinggal di kota besar, dan juga memiliki pekerjaan tetap di kota tersebut, maka saya lebih merekomendasikan kamu untuk memilih Bank BNI.

Selain mempunyai fitur kartu kredit yang terkenal dengan diskonnya yang besar, ketersediaan mesin ATM di kota-kota besar boleh dibilang cukup. Tak hanya itu, bank ini pun juga mempunyai fitur yang lebih pada layanan ebankingnya.

Nah, itu dia jawaban atas pertanyaan Pilih tabungan BRI atau BNI. Semoga bisa memberikan masukan untuk kamu. Sampai ketemu lagi pada postingan berikutnya.


EmoticonEmoticon